Categories
Wisata

14 Tips Aman Berwisata Sebelum Memutuskan Pergi

Hai Sobat Mata Trans, berlibur tentu salah satu pilihan tepat untuk melepas penat atau stress. Butuh waktu untuk menikmati hidup dan tentunya akan lebih asik jika dilakukan bersama-sama. Moment wisata yang sudah direncanakan jauh hari tentu tidak ingin gagal atau terkendala bukan?. Mata Trans sudah merangkumnya dalam 14 tips aman berwisata sebelum memutuskan pergi.

 

Simak beberapa Tips Aman Berwisata berikut ini :

 

Tips Aman Berwisata

Pillih Kota Tujuan / Destinasi Wisata

Hal penting pertama yang perlu diperhatikan yakni tentukan tujuan / destinasi wisata yang ingin kamu tuju. Kumpulkan dan cari beberapa referensi tempat berlibur yang asik dan instagramable di internet atau teman.

 

Bersama-sama Lebih Baik

Berlibur tentu akan semakin menyenangkan jika dilakukan bersama orang terdekat kamu seperti keluarga, teman kantor atau sahabat. Berfoto bersama, berbincang dan makan bersama di saat berlibur tentu akan lebih asik dari pada sendirian. Jika misal terjadi kendala pun kamu juga dapat meminta rekomendasi mereka.

 

Tips Aman Berwisata

 

Siapkan Transportasi Wisata

Sebelum berangkat, pastikan jumlah orang yang akan ikut bersama kamu. Ini salah satu pertimbangan untuk memilih transportasi yang tepat dan muat digunakan secara bersama. Sebagai contohnya jika Kamu berlibur bersama 48 orang tentu kamu butuh Armada yang tepat seperti Bus Pariwisata. Pastikan jumlah seatnya pas dan kalau bisa melebihi untuk berjaga-jaga jika butuh tempat untuk menaruh makanan.

 

Cek Harga Tiket Tempat Wisata dan Penginapan

Sobat Mata Trans, jangan lupa menanyakan atau mencari informasi terkait harga tiket terbaru tempat wisata yang akan Kamu tuju. Pastikan juga harga atau lakukan booking terlebih dahulu hotel atau Penginapan (jika Kamu menginap) seperti traveloka. Ini untuk menyusun budgeting plan dan agar tidak membengkak dari biaya anggaran yang sudah kamu tentukan.

 

 

Susun Itinerary Sedetail Mungkin

Susun Itinerary (jadwal) tempat wisata yang akan Kamu kunjungi secara detail, mulai dari sebelum berangkat hingga pulang kembali. Jangan lupa buat list peserta yang ikut berangkat dan pastikan kamu melakukan absensi, tidak ingin jika rombonganmu tertinggal bukan ^_^ .

 

Tips Aman Berwisata

Catat Nomor Penting Daerah Tujuan

Cari dan catat nomor penting tempat wisata yang akan kamu tuju dan pastikan nomor tersebut dapat dihubungi seperti nomor rumah sakit terdekat. Kamu bisa mendapatkan beberapa kontak tersebut dari google atau media social.

 

Informasi Dasar Daerah Tujuan

Selayaknya orang asing yang berkunjung, kamu perlu mengetahui informasi dasar tempat wisata yang akan kamu tuju. Informasi ini akan berguna untuk mempermudah kamu dalam berlibur dan menikmati atau mengeksplore tanpa terhambat larangan. Dengan ini jadwalmu bias lebih on time dan tidak berubah.

 

Siapkan Barang Bawaan Seperlunya

Bawa barang bawaan seperlunya dan sesuai kebutuhan yang dipergunakan saat berwisata bersama – sama. Jangan bawa semua barang termasuk yang tidak terlalu penting, ingat kamu mau berlibur bukan pindah rumah. Pastikan kamu tidak melupakan kebutuhan penting seperti P3K.

 

Baca Juga : 6 Destinasi Wisata di Ciwidey Bandung yang Menarik

 

Jangan Lupa Bawa Alat Komunikasi

Kamu tentu tidak melewatkan tips ini, yak smartphone merupakan salah satu perangkat komunikasi yang membantu selain untuk berfoto ria. Dengan ini kamu bias lebih mudah mengkoordinir peserta untuk berkumpul ke bus pariwisata sesuai jadwal. Bawa charge atau powerbank untuk tetap terhubung tanpa memikirkan baterai habis.

 

Tips Aman Berwisata

Siapkan Alat Pembayaran

Siapkan alat pembayaran yang bisa digunakan saat berwisata. Jika pergi ke pantai atau tempat yang jauh dari kota, pastikan membawa alat pembayaran tunai. Pembayaran tunai atau cash tunai lebih dibutuhkan disini dari pada kredit card dan pastikan kamu membawa uang tunai yang cukup untuk memenuhi kebutuhan selama berwisata ke luar kota bersama-sama.

 

 

Pastikan Sampai di Daerah Tujuan Pagi atau Siang

Pastikan kamu berangkat pagi dini hari atau malam hari jika kamu ingin sampai di lokasi wisata pagi hari. Kamu tentu bisa memperkirakan estimasi waktu perjalanan dari tempat berkumpul hingga tepat wisata yang akan kamu tuju. Terlebih lagi berangkat dini hari lebih menguntungkan dan terhindar dari macet dan kepadatan lalu lintas. Hal ini bisa membuat kamu lebih rileks dan menikmati perjalanan.

 

Kurangi Menggunakan Gadget

Waktu berlibur kurang tepat jika terlalu banyak menghabiskan waktu dengan menggunakan gadget. Lebih seru berlibur sembari bermain gitar dan bernyanyi atau mengobrol bersama teman, berlibur adalah quality time untuk kamu dan sahabat. Tujuan lain berlibut adalah untuk merefresh pikiran dari kejenuhan bekerja. Kamu boleh menggunakan gadget sekedar untuk mengabari atau berkomunikasi dengan peserta lain. Tapi ingat jangan habiskan waktu berharga dengan hal yang kurang bermanfaat.

 

Sebisa Mungkin Patuhi Jadwal

Untuk menghindari molor dan akhirnya ada tempat yang tidak bisa dikunjungi, salah satu opsi tepat yakni mematuhi jadwal. Jadi sebelum membuat jadwal pastikan estimasi sesuai dan fokuskan beberapa tempat yang ingin dihabiskan dalam waktu yang lama, contohnya seperti belanja atau di pantai. Kamu tentu lebih mengetahui karakter temanmu bukan, jadi kondisikan waktu sesuai jadwal yang ditentukan.

 

Jaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan di manapun kamu berada dan sedang melakukan kegiatan apapun termasuk berwisata. Jaga alam sekitar sehingga dapat dinikmati anak cucu kita nanti, siap untuk melestarikan alam? ^_^

 

Berikut 14 Tips Aman Berwisata Sebelum Memutuskan Pergi yang telah dirangkum Mata Trans. Jadikan perjalanan wisata semakin menarik dan berbagi pengalaman bersama teman atau sahabat. Mata Trans melengkapi perjalanan dengan berbagai armada seperti bus, hiace, premio dan sprinter. Complete Your Jurney bersama Mata Trans.

By Mata Trans

#sewabus Medium & Big Bus #jogja #solo #bali
Rent HiAce, Mercy Sprinter, Innova Reborn
☎ (0271) 780425
WA. 0852 2694 6969

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *